TP PKK Asahan Ikuti Launching dan Sosialiasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap Bencana

TP PKK Asahan Ikuti Launching dan Sosialiasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap Bencana

topmetro.news – TP PKK Kabupaten Asahan ikuti launching dan sosialiasi gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana secara virtual. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan gerakan nasional. Yaitu gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana, yang salah satunya untuk menekan angka stunting.

TP PKK Asahan mengikuti kegiatan dari Ruang Command Center Kantor Bupati Asahan, Senin (12/7/2021).

Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian menyampaikan hal itu dalam webinar dengan tema ‘Launching dan sosialiasi gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana’.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan agar para ketua TP PKK dapat saling berkoordinasi dengan Ketua TP PKK provinsi dan kabupaten/kota bersama seluruh anggota dan dukungan masyarakat dalam mendukung ‘pilot project’ ini,” kata Tri Tito Karnavian.

Dukungan TP PK Asahan

Ketua TP PKK Asahan Hj Titiek Sugiharti Surya menegaskan, siap mendukung gerakan tersebut. Dasar hukum program ini UU No. 6 Tahun 2014 dan Perpres No. 99 tahun 2017. Keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana yaitu keluarga yang diprioritaskan. Keluarga yang sehat, tanggap dan tangguh terhadap bencana, dalam pencegahan kejadian yang ada di rumah tangga maupun lingkungan.

Latar belakang program ini yaitu karena akhir-akhir ini Indonesia mengalami dampak penurunan kesehatan dan kerusakan lingkungan. Serta belum maksimalnya perencanaan menuju keluarga sehat berkualitas. Sehingga berakibat terjadinya bencana yang langsung terasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, perlu peningkatan kapasitas dengan melakukan kampanye melalui ‘pilot project’ gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana.

Untuk itu diperlukan individu, keluarga, dan masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri secara mandiri. Serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan dan perencanaan dari aspek fisik, manusia maupun lingkungannya. Sehingga terjadi peningkatan kesehatan, peningkatan kelestarian lingkungan hidup.

Program kerja gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana tahun 2021 – 2024 yaitu: Launching dan sosialisasi, identifikasi masalah dan potensi lokasi proyek, evaluasi lokasi pilot proyek, pembekalan pilot proyek, pelaksanaan proyek, kampanye gerakan.

Kemudian, pembinaan, pengawasan, pemantauan, evaluasi, pelaporan rutin, kampanye gerakan. Selanjutnya, pemantauan hasil akhir ‘pilot project’, evaluasi hasil akhir proyek, pelaporan hasil akhir proyek, apresiasi keberhasilan proyek, replikasi proyek di desa/kelurahan dan kampanye keberhasilan gerakan.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment